Cara sederhana agar anak rajin belajar


Jika anda mengeluh jika anak anda susah belajar, sepertinya sebelum anda menyalahkna anak anda, anda sendiri harus ingat betul apakah anda rajin belajar saat anda kecil dulu? Jika anda sendiri dulunya malas belajar bisa jadi anak anda akan mengikuti kebiasaan anda.


Pertanyaan diatas merupakan satu input balik agar kita sebagai orang tua tidak menekan terlalu keras pada anak untuk rajin belajar.

Lalu  bagaimana cara sederhana agar anak rajin belajar?

Mulai segala sesuatu dengan pikiran

Pada dasarnya semua anak yang terlahir di dunia adalah sama. Mereka tumbuh dari bayi sampai usia kanak-kanak dan mereka sekolah. Tidak ada yang beda bukan.

Cara mereka menghabiskan waktu mereka selama 24 jam dalam sehari adalah perbedaan mereka. Hal itu bisa dijadikan tolak ukur dari kebiasaan dan karakter mereka.

Tidak ada salahnya anak anda menyukai seorang tokoh kartun, anda harus pintar- pintar mengambil hati anak anda agar anak anda bisa termainset baik tentang tokoh yang diidolakannya itu. Tanamkan karakter yang baik tentang tokoh katun yang disukai anak anda itu. Mudah-mudahan anak anda bisa terbentuk karakternya dari sesuatu yang baik dari tokoh yang diidolakannya itu.

Pelajaran dari les matematika

Tujuan dari pemberian PR adalah agar anak kita rajin mengerjakan PR dan membiasakan mereka agar mau belajar di luar sekolah. Karena kebanyakan anak-anak kita malas untuk belajar dengan rajin ketika berada di rumah.

Cobalah berikan penghargaan kepada anak anda, jika anak anda sudah selesai mengerjakan PR nya maka pujilah anak anda, tidak ada salahnya kan sebuah pujian terlontar untuk anak anda? Anda juga bisa berikan reward kepada anak anda jika sering mengerjakan PR dengan memberikan hadiah menarik yang mereka suka.

 Kebiasaan perlu ditanamkan kepada anak anda agar kemampuannya bisa bertambah dari hari kehari dan dari waktu kewaktu. Jika anda selesai memberikan PR matematika makan ada baiknya nda berikan pula pelajaran bahasa atau menulis dll.

Adakalanya anak  anda bosan untuk selalu belajar, tentunya anda sebagia orang tua harus lebih sabar membimbing anak anda dan bimbinglah terus anak anda lalu berikan PR walapun sedikit.


Instagram @ubayzaman dan @arafahrianti (Runner Up SUCA 2 Indosiar)

Postingan terkait: