Beberapa Manfaat Belajar Matematika




Blog utama: Kiat Belajar Sukses

Belajar Matematika
Buat apa sih belajar matematika?

Apakah pertanyaan tersebut pernah terlontar dari mulut anda? Atau hanya terlintas dalam pikiran anda?

Kebanyakan yang menanyakan hal itu adalah anak-anak sekolah yang memang tidak suka dengan pelajaran matematika. Yang lebih parahnya lagi, guru matematikanya pun malah sempat menggampilkan untuk belajar matematika dengan alasan yang beragam. Karena ngajar anak SD atau SMP, intinya mereka malas untuk belajar matematika.

Mungkin anda juga sempat kepikiran juga tentang masalah itu bukan?

Kalau anda sudah suka dengan pelajaran matematika, dengan otomatis anda bakalan mengabaikan pertanyaan “buat apa sih belajar matematika?” Karena prinsipnya anda sudah suka dengan yang namanya matematika itu sendiri.

Pernahkah anda berfikir setiap manusia di bumi mendapatkan manfaat dari apa saja yang terjadi dalam kehidupannya?Setiap orang akan mendapatkan manfaat yang berbeda dalam menjalani hidup.

Contohnya sampah. Sebagian besar orang sangat alergi dengan yang namanya sampah, bau busuk mungkin yang akan ada di pikiran anda. Tapi tahukah anda bagi petugas kebersihan,sampah menjadi sangat berarti sekali karena dengan adanya sampah tentu akan dapat memberikan pekerjaan dan rezeki bagi mereka.

Lalu apa kaitannya dengan belajar matematika? Apakah berperan penting bagi kehidupan kita? Intinya matematika akan memberikan manfaat yang berbeda untuk setiap orang. Tergantung kebutuhan dan profesi mereka.

Kalau anda tahu matematika dahulu ditemukan sebagian-sebagian atau tidak utuh. Intinya matematika muncul karena adanya masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dan ini berarti bahwa matematika ada bukan hanya untuk memecahkan masalah. Tapi karena masalah yang muncul maka terciptalah matematika.

Lalu apa manfaat matematika bagi anda?


Coba bayangkan jika pedagang tidak mengerti untung rugi? Tentu dagangannya akan rugi besar-besaran bukan? Dengan adanya ilmu matematika para pedagang tentu akan mengerti cara menghitung laba atau rugi. Dengan adanya pengetahuan matematika yang baik, pedagang bisa merencanakan untuk melebarkan sayap dagangannya kedepan.

Jika anda pintar dan lihai matematika, anda juga bisa mendapatkan keuntungan rizki dari mengajar matematika untuk anak sekolah yang privat sama anda. Hal itu bisa terjadi jika anda memang menyukai matematika.

Di sekolah siswa tanpa sadar dituntut untuk dapat mengerti dasar matematika, matematika menjadi syarat utama untuk mempelajari bahasan ilmu lain seperti fisika, kimia, ekonomi dll.

Lalu bagaimana dengan anda? Apa manfaat belajar matematika menurut anda?