Tips Mengatasi Anak Malas Belajar




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Tips Mengatasi Anak Malas Belajar
Jika anak anda lebih suka melihat tayangan televisi seperti sinetron, film atau bermain dengan teman-temannya daripada belajar, hal ini tentunya membuat orang tua mengeluh.

Jika anak anda mengalami hal tersebut, dan belajar dianggapnya suatu hal yang kurang menyenangkan dibandingkan bermain atau nonton TV.

Lalu adakah cara mengatasi anak yang malas belajar? Cara mengatasinya adalah dengan membuat anak anda nyaman, buatlah semenarik mungkin proses belajarnya. Dan tanamkan pada diri anak bahwa belajar adalah suatu kebutuhan untuk dirinya kelak.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi anak malas belajar :

Coba anda tanamkan pada anak anda, bahwa belajar adalah suatu kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai pelajar dan hasilnya akan diperoleh di masa yang akan datang ketika dewasa kelak.

Anda dapat pula mencontohkan kepada anak anda ketika mereka belajar, dengan cara anda membaca buku yang bermanfaat saat anak anda belajar.

Upayakan orang tua menanamkan budaya membaca di lingkungan keluarga sejak kecil.

Buatlah suasana belajar yang menyenangkan, buatlah ruang belajar semenarik mungkin, dan rapih. Sehingga anak tidak malas belajar di dalam ruangan.

Berikan motivasi kepada anak yang malas belajar untuk belajar dengan cara yang baik, adakan pendekatan sambil menyelami hati anak dengan menjadikan anak sebagai sahabat. Jangan menyuruh anak belajar dengan memaksakan anak, apalagi dengan cara yang kasar.

Buatlah pendekatan pada anak anda yang malas belajar dengan cara yang baik.

Hal yang baik lagi jika anda memberikan hadiah atau pujian kepada mereka, jika mereka mendapatkan nilai yang bagus. Karena hal ini dapat membantu memotivasi anak anda agar lebih rajin lagi belajar.

Alangkah lebih baik jika anda lebih terbuka dengan anak anda, cobalah tanyakan permasalahan yang mereka rasakan di sekolah. Coba tanyakan apa yang membuat anak anda malas belajar? Dan apa yang membuat anak semangat untuk belajar dll. Dan pilihkan waktu yang paling tepat untuk anak anda belajar, karena hal itu akan membantu anak anda mengatasi permasalahannya.

Usahakan anak anda belajar dengan rutin setiap harinya, dan alangkah lebih baik lagi jika anda juga menemani anak anda belajar, karena hal ini dapat mengurangi kesulitan belajar mereka.

Selain menyuruh anak anda rutin belajar guna menghilangkan rasa malasnya. Anda juga harus menyediakan waktu yang cukup untuk anak anda bermain, menonton, dan berinteraksi dengan teman-temannya.