10 Cara Belajar Efektif Efisien




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
1. Pilihlah waktu belajar yang tepat, belajarlah pada saat badan anda segar dan fresh. Karena setiap orang pasti memiliki waktu belajar yang berbeda-beda.


2. Anda bisa membuat suasana belajar anda senyaman mungkin. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat nyaman, salah satunya anda bisa memilih lagu sesuai dengan mood anda dan memilih tempat yang nyaman.

3. Cobalah kembangkan materi yang sudah anda pelajari, berpikirlah kritis seperti para ilmuwan. Dan buatlah beberapa pertanyaan yang belum pernah ada dalam soal dan mintalah bantuan guru untuk menjawabnya.

4. Catatlah pokok-pokok pelajarannya saja, dan ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran agar anda tidak memiliki catatan yang terlalu panjang.

5. Supaya kita paham, maka membaca adalah kuncinya. Bacalah materi yang baru 2 kali dalam sehari, yaitu sebelum dan sesudah guru menerangkan.

6. Fungsi utama kenapa anda harus belajar yaitu agar anda memahami hal-hal baru. Yang terpenting dari belajar adalah mengerti dan paham dengan semua materi yang didapat, bukan sekedar hapal 100% saja.

7. Buatlah kata-kata kunci dari setiap materi yang harus anda hapal, tujuannya agar anda mudah mengingatnya. Manfaat menghapal kata kunci yaitu agar anda tidak kesulitan menghapal karena pelajaran yang banyak.

8. Cobalah kembangkan materi yang sudah dipelajari dan jangan langsung tutup buku.

9. Coba latih otak anda untuk mengerjakan soal-soal latihan pada setiap akhir bab pelajaran.

10. Istirahatlah jika badan anda mulai lelah, lemaskan badan dan pikiran anda agar anda lebih fresh lagi ketika anda belajar. Selingilah waktu belajar anda dengan istirahat sejenak.