Cara Belajar Efektif yang Tidak Membosankan




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Ada beberapa cara belajar efektif agar kegiatan belajar yang sehari-hari kita lakukan tidak membosankan tetapi bisa menyenangkan :


1. Selingi dengan istirahat

Jika anda merasa jenuh dan capek, sebaiknya anda berhenti untuk belajar dan selingilah dengan istirahat karena hal ini penting agar anda tidak drop.

2. Atur Ruang Belajar

Aturlah kenyamanan ruangan belajaranda, kareba bagaimanapun andalah yang akan menentukan kesuksesan belajar anda. Dengan ruangan yang baik tentunya akan semakin membuat anda semangat belajar. Hal ini merupakan cara belajar efekti bagi anda.

3. Dengarkan Musik

Jika anda merupakan tipe belajar yang suka musik attu bisa belajar dalam keadaan ribut. Solusi belajar dengan diselingi musik juga sepertinya baik dilakukan untuk anda.

4. Belajar dengan Praktik

Belajar dengan praktek merupakan cara belajar paling bagus dan efektif karena didalam keduanya ada teori dan prakteknya. Untuk itu anda bisa melakukan praktek jika anda mau.

5. Belajar dengan Rutin

Belajarlah dengan rutin, karena dengan belajar rutin anda bisa mengingat semua pelajaran baru maupun lama.

6. Jadilah seorang Detektif

Jadikanlah pelajaran yang anda temui sebagi teka-teki dan anda harus menjadi detektif untuk bisa memecahkan teka-teki itu.

7. Ubah Metode Belajar

Cobalah belajar dengan banyak metode, membaca, praktek, dll. Karena hal itu bisa membantu anda agar tidak cepat bosan.

8. Ciptakan suasana yang kondusif

Ciptakanlah suasana belajar yang tenang dan kondusif, agar pelajaran yang anda pelajari masuk kedalam otak.

9. Mengerti bukan Menghafal

Coba anda belajar memahami dan mengerti pelajaran yang anda pelajari. Bukan untuk dihafal, dihafal boleh saja asalkan anda bisa memahaminya.

Karena belajar yang baik adalah muncul dari hati bukan karena terpaksa.