Cara Belajar Efektif dan Mudah Paham




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
1. Belajar tanpa Mood

Anda harus belajar walaupun anda dalam kedaan tidak mood. Belajarlah dengan sungguh-sungguh walau sedang tidal mood.



3. Jangan belajar terlalu banyak ketika akan ujian

Anda jangan belajar dadakan, karena belajar dadakan tidak akan menambah pengetahuan anda. Tapi belajarlah jauh-jauh hari sebelum ujian di mulai.

4. Belajar sambil diskusi

Jika anda memiliki kemampuan yang biasa-biasa saja atau malah kurang. Maka tidak ada salahnya jika anda belajar secara berkelompok, dengan cara belajar seperti itu kemampuan anda akan bertambah dengan diskusi.

5. Belajar dengan diiringi musik

Jika anda menyukai musik dan anda tidak merasa terganggu belajar dengan di iringi musik. Maka tidak ada salahnya jika anda belajar dengan di iringi musik yang anda sukai.

6. Jangan hanya menghafal

Jika selama ini anda mempelajari sesuatu dengan cara menghafal, maka mulai sekarang rubah kebiasaan itu. Dan mulai sekarang anda harus bisa memahami pelajaran yang anda pelajari sekarang.

7. Jangan malu-malu untuk bertanya

Jika anda seorang pemalu, maka untuk sejenak rasa malu itu harus anda buang jauh-jauh. Karena kebiasaan anda itu bisa menghambat anda untuk bertanya kepada guru anda tentang sesuatu yang anda belum pahami.

8. Coba dan Gagal

Tidak ada salahnya mencoba walau nantinya anda gagal. Anda tidak akan pernah menyesal jika anda gagal tapi pernah mencoba. Untuk itu cobalah belajar lebih efektif dan bersabarlah jika gagal.

9. Cintailah mata pelajaran yang anda suka

Jika anda menyukai suatu pelajaran secara otomatis anda akan mudah mempelajarinya walapun susah pelajaran itu. Dan lihatlah anda akan menjadi apa yang anda cita-citakan.

10. Ingatlah tujuan utama kita sekolah

Anda harus tahu apa yang anda cari ketika anda di sekolah. Tentunya anda mencari ilmu bukan bukan mencari nilai semata. Karena jika anda paham akan suatu ilmu maka anda akan menuai hasilnya secara otomatis, karena nilai yang anda dapatkan akan tinggi bukan?

11. Kunci semua metode belajar

Pada dasarnya kunci dari metode belajar adalah doa. Kontribusi doa sangat besar untuk kesuksesan anda. Berdoa tanpa usaha omong kosong, tapi usaha saja tanpa doa adalah sombong.