Awal Belajar Grammar Bahasa Inggris Tingkat SMA




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Pelajaran bahasa inggris untuk usia SMP dan SMA tentunya berbeda.

Yang ditekankan pada cara belajar bahasa inggris untuk siswa SMA adalah kemampuan menyusun kalimat bahasa inggris dengan grammatikal yang baik dan benar. Selain itu improvisasi percakapan bahasa inggris sehari-hari juga di tekankan.


Kedua hal diatas penting untuk dibiasakan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di tingkat SMA.

Cara belajar grammar bahasa inggris untuk remaja SMA adalag dengan memperbanyak latihan grammar. Jangan lupa anda juga harus memahami rumus grammar yang sesuai dan masih berlaku. Itu semua sebagai langkah awal belajar grammar bahasa inggris.

Untuk awal belajar, coba anda pahami kalimat dalam bahasa inggris dengan membedakan kalimat berdasarkan subjek dan peristiwa yang bentuknya kata kerja ataupun bukan kata kerja.

Mari kita lihat panduan mengenal subjek dalam permulaan belajar grammar bahasa Inggris untuk anak SMA dibawah ini :

Subjek 1

Saya - I (tunggal atau satu orang)
Kami - WE (jamak atau lebih dari satu orang)


Subjek 2

Anda - YOU (tunggal)
Kalian - YOU - ALL OF YOU (jamak)

Subjek 3

Dia (laki-laki) - HE (tunggal)
Dia (perempuan) - SHE (tunggal)
Dia (bukan orang) – IT (tunggal)
Mereka - THEY (jamak)
Nama (satu orang) - John, Sam, Katty, Winy
Nama (lebih dari satu orang_ - John and Katty, Sam and Winy

Lalu langkah selanjutnya untuk proses belajar grammar bahasa inggris untuk SMA adalah dengan mencoba memahami sebuah peristiwa atau situasi yang berbentuk kata kerja dan bukan kata kerja.

Setelah proses di atas, baru kemudian mempelajari interrogative pronoun atau dalam bahasa inggrisnya kata ganti penanya

Apabila pemahaman Interrogative Pronoun telah dikuasai, langkah selanjutnya dalam proses belajar grammar bahasa Inggris untuk remaja SMA adalah dengan mempelajari To Be, dilanjutkan dengan pembelajaran English Tenses.

Jika interrogative pronoun sudah dikuasai, maka langkah selanjutnya dalam belajar grammar bahasa inggris untuk SMA adalah dengan mencoba mempelajari To Be, lalu kemudian English Tenses.

Sebagai catatan, jika memang belum paham benar dengan 16 konsep English Tenses, cobalah catat rumusan semua English Tense berikut contoh kalimatnya, yang bisa ditemui di dalam buku-buku pelajaran bahasa Inggris untuk SMA.

Jika memang belum paham dengan ke 16 konsep English Tenses, cobalah catat rumus semua English Tenses dengan contoh kalimatnya di dalam buku bahasa inggris SMA.

Semoga bermanfaat