Ciri-Ciri Belajar




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut :

1. Jika kita benar-benar belajar maka akan ada perubahan yang signifikan yang meliputi perubahan kognitif, psikomotorik, ataupun afektif.


2. Perubahan-perubahan diatas harus tersimpan di memori otak dan sifatnya menetap. Jika kita memerlukannya maka akan mudah kita mengingatnya kembali.

3. Dan perlu kamu ketahui, perubahan akan terjadi setelah kamu berusaha sekuat kemampuanmu. Dan perubahan kamu itu akan terjadi sesuai dengan lingkungannya tempat kamu belajar.

4. Perlu kamu ketahui juga, bahwa perubahan yang kamu rasakan tidak semata-mata disebabkan oleh pertumbuhan fisik kamu yang besar, bukan karena kamu merasa lelah dan capek, atau pun perubahanmu disebabkan karena suatu penyakit atau pengaruh obat-obatan.

Dari beberapa pengertian belajar tersebut diatas, kata kunci dari belajar adalah perubahan perilaku.

1. Perubahan yang disadari dan disengaja (intensional).

Bagaimanapun yang namanya perubahan perilaku setelah kita belajar akan disadari individu bersangkutan. Begitupun dengan hasilnya, nanti kamu akan merasakan dan menyadari bahwa dalam diri kamu telah terjadi perubahan. Contoh: pengetahuan dan keterampilan kamu akan terasa bertambah dan meningkat dibandingkan sebelum kamu mengalami proses belajar.

2. Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu).

Biasanya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki kamu itu pada dasarnya diperoleh dari pengetahuan dan keterampilan kamu sebelumnya. Begitu pun pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ada pada kamu sebelumnya akan membantu pengembangan berikutnya.

3. Perubahan yang fungsional.

Biasanya perubahan perilaku yang terjadi dapat bermanfaat bagi kehidupan kamu, baik itu untuk kepentingan masa sekarang atau pun untuk masa mendatang.

4.Perubahan yang bersifat positif.

Perubahan yang kamu alami biasanya bersifat normatif dan cenderung ke arah kemajuanmu.

5. Perubahan yang bersifat aktif.

Perubahan yang akan kamu rasakan merupakan perubahan baru. Kamu juga harus berupaya agar kamu berubah.

6.Perubahan yang bersifat pemanen.

Perubahan yang terjadi dari proses belajar mengajar sifatnya menetap dan melekat dan tidak berubah.

7. Perubahan yang bertujuan dan terarah.

Setiap individu yang akan melakukan kegiatan belajar mengajar tentunya tahu apa yang ingin dicapai baik jangka pendek, panjang maupun menengah.

8. Perubahan perilaku secara keseluruhan.

Perubahan perilaku belajar akan terlihat dari perubahan sikap dan keterampilannya. Dan tidak hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata.