6 Penyebab Malas Belajar




Blog utama: Kiat Belajar Sukses

Seperti yang sudah kita ketahui belajar merupakan kewajiban seorang pelajar. Tapi sering kita lihat khususnya anak sekolah masih banyak yang malas belajar.
Di bawah ini mengapa pelajar malas belajar:

2. Lingkungan sekitar

Apabila lingkungan tempat tinggal kita kurang nyaman atau tidak nyaman, maka secara otomatis kita akan malas belajar. Dan untuk mengatasinya yaitu dengan menciptakan lingkungan senyaman mungkin.

4. Mood

Apabila kita sedang tidak mood, maka kita akan malas untuk belajar. Untuk mengatasinya hendaknya kita ciptakan mood agar kita enjoy belajar. Karena mood sangat berpengaruh dalam proses belajar kita.

5. Sarana yang tidak mendukung

Sarana merupakan hal penting untuk mengatasi permasalahan malas belajar. Jika sarana tidak mendukung hal itu bisa menjadi faktor penyebab kemalasan dalam belajar. Sarana belajar yang dimaksud misalnya balpoin, pensil, meja belajar, kursi, buku pelajaran dll.

3. Nge-game

Apabila anak anda malas belajar karena sering bermain game, hal itu lumrah terjadi karena game membuat anak anda lupa waktu. Lantas apa yang seharusnya dilakukan orang tua? Untuk mengatasinya anda bisa mengatur waktu belajar anak anda, sehingga anak anda tidak lupa untuk belajar.

6. Keadaan fisik yang kurang sehat

Jika badan kita sehat maka kita akan semangat belajar, sebaliknya jika kita dalam keadaan sakit maka belajarpun akan terasa malas. Jangankan belajar, untuk sekedar makanpun kita malas.

1. Sulit memahami soal atau pelajaran
Lumrah jika kita malas belajar karena kita tidak memahami soal yang kita pelajari. Dengan alasan itu maka kita akan merasa pusing dengan pelajaran yang sedang kita pelajari.
Jika anda mengalami hal tersebut maka solusi paling tepat adalah dengan belajar kelompok. Dengan melakukan belajar kelompok pelajaran yang sulitpun akan mudah dikerjakan oleh teman yang mengerti.