Kenapa Anak Malas Belajar?




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Malas belajar dapat disebabkan karena dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Secara psikologis malas belajar dapat diindikasikan dengan lemahnya kondisi mental, fisik, intelektual dan psikis sang anak.


Faktor Internal Penyebab Malas Belajar Anak

Alam diri mereka. Selain itu faktor kelelahan fisik juga memiliki peranan penting yang menyebabkan anak malas belajar.


Faktor Eksternal Penyebab Malas Belajar Anak

1. Sikap Orang tua

Kebanyakan dari orang tua di lingkungan kita adalah mengagungkan nilai yang besar. Sehingga dampak yang timbul adalah mereka menyuruh anak mereka untuk giat belajar. Mereka sebagai orang tua tidak mengajarkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai seorang pelajar.

2. Sikap Guru

Guru merupakan teladan siswa di sekolah dan sebagai pengganti orang tua. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah sikap guru di sekolah? Apakah mereka sesuai dengan harapan orang tua? Tidak jarang banyak dari sikap guru yang di keluhkan siswa

3. Sikap Teman

Interaksi keseharian mempunyai pengaruh yang besar bagi perilaku anak. Anak yang malas belajar terkadang juga di sebabkan oleh pengaruh teman-temannya yang juga malas belajar. Karena pada dasarnya anak-anak banyak meniru perilaku teman-temannya.

4. Suasana Belajar di Rumah

Suasana belajar juga sangat menentukan mood anak, jika suasana belajar kondusif dan cenderung tenang, maka mood anak yang ogah belajar pun akan berubah dan mau belajar. Begitupun sebaliknya, jika kodisi rumah dalam keadaan ramai, maka anak yang sudah mood belajarpun akan hilang.

5. Sarana Belajar

Sarana belajar yang menunjang merupakan hal penting yang melatar belakangi suksesnya proses belajar anak. Bukan berarti sarana yang digunakan harus canggih dan mahal, tapi yang perlu adalah sarana yang memadai dan yang memang diperlukan untuk menunjang peroses belajar. Contohnya: alat tulis dan meja belajar yang memadai.

Semoga informasi yang telah disampaikan tentang malas belajar anak dapat bermanfaat.....