Cara Belajar Matematika




Blog utama: Kiat Belajar Sukses

Cara Belajar Matematika
10 Cara Belajar Matematika dan Bagaimana 10 Cara Mudah Belajar Ilmu Matematika yang Bisa Diterapkan untuk Pelajar?

Berikut ini adalah cara belajar Matematika yang benar dan mudah:

1. Luruskan Niat dan Kuatkan Niat

Hal yang paling pertama untuk belajar matematika yaitu dengan “meluruskan niat”. Anda harus meluruskan niat anda untuk belajar matematika. Apa sih pentingnya belajar matematika bagi saya nanti? Tanyakan hal itu sebelum anda memulainya. Usahakan anda  fokus pada apa yang anda lakukan.

Anda juga harus menguatkan niat anda untuk belajar matematika. Yakinlah bahwa anda akan sukses belajar matematika jika anda yakin anda bisa mempelajarinya.

2. Cara Belajar yang Menyenangkan

Agar belajar matematika menyenangkan cobalah cari cara bagaimana belajar matematika yang menyenangkan. Tips praktisnya mudah saja yaitu dengan membuat hati kita senang dulu untuk mempelajari matematika. Jika sudah senang maka belajar matematika pun akan mudah dan menyenangkan.

3. Pakai Simbol

Matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak atau tidak nyata pada dasarnya.

Tips agar anda tidak merasa kesulitan dalam belajar matematika, anda perlu yang namanya memegang, merasakan, dan melihat.

Kini sudah banyak program belajar matematika yang menawarkan cara belajar dengan menggunakan permainan yang sifatnya simbolis.

4. Matematika Bercerita

Biasanya soal matematika akan terlihat mudah saat dibuat sebuah soal cerita, serumit dan sesusah apapun soalnya tentunya akan mudah dipecahkan jawabannya.

5. Kenali, lalu Cintai matematika

Ada pepatah tak kenal maka tak sayang, mungkin pepatah ini benar adanya. Semudah apapun pelajaran yang dipelajari jika anda tidak menyukai dan mencintai pelajaran itu maka akan sia-sia saja. Point 5 ini sangat penting karena ujung tombak awal belajar matematika.

6. Banyak Latihan dan Belajar

Jangan lupa anda juga harus sering melatih otak anda untuk belajar matematika. Cobalah kerjakan soal-soal matematika dari LKS atau buku matematika. Dengan begitu anda akan mudah mengerjakan soal yang serupa di kemudian hari.

7. Tiada kata "Aku Tak Bisa" dan "Putus Asa"

Meminta bantuan kepada teman yang bisa, guru privat atau guru matematika merupakan ide bagus untuk membantu anda mengurangi putus asa karena soal yang sulit. Jangan malu untuk menanyakan soal yang sulit kepada guru anda, dan yakinlah anda bisa dan hindari putus asa dalam mengerjakan soal pada saat anda belajar matematika.

8. Sabar

Intinya anda harus sabar jika memang ingin bisa matematika, entah sabar dalam proses belajarnya atau sabar dalam memecahkan persoalan. Ingatkan pepatah yang mengatakan orang sabar pasti disayang Tuhan.

9. Berdoa

Sebaiknya sebelum anda melakukan sesuatu alangkah lebih baiknya jika anda berdoa. Begitu juga dengan belajar matematika, mudah-mudahan Allah memberi kemudahan kepada anda.