Cara Belajar Matematika Yang Baik




Blog utama: Kiat Belajar Sukses

Cara Belajar Matematika
Bagi sebagian siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika mungkin akan menjadikan alasan menurunnya nilai rapor dikarenakan nilai matematika yang buruk. Dengan kata lain pelajaran matematika membuat pusing dan bosan setiap anak murid yang memang tidak menyukainya. Tapi apakah benar itu kenyataannya??

Disini akan dijelaskan bagaimana cara belajar matematika menjadi lebih asyik:

1. Anggap matematika itu sebagai sahabat atau bahkan pacar

Pada dasarnya kecintaan pada pelajaran menjadi tolak ukur utama yang menentukan masuk tidaknya pelajaran yang diajarkan guru, khususnya pelajaran matematika. Jika anda sudah dapat menyukai, menyayangi, dan menjadikan sahabat bahkan pacar pada pelajaran matematika. Maka hal itu adalah langkah utama anda bisa asyik mempelajari matematika.

Intinya anda jangan sampai membenci pelajaran matematika, jika anda sudah terlanjur membenci pelajaran matematika, maka langkah selanjutnya yang harus di tempuh adalah mencari bagian menarik dari pelajaran matematika. Dengan cara seperti itu mudah-mudahan anda bisa fokus dan optimal dalam mempelajarinya.

Berikut cara belajar matematika selanjutnya…

2. Pakailah latihan-latihan soal matematika untuk menghafal rumus

Jika anda ingin menghafal rumus matematika, cobalah kerjakan soal-soal latihan tanpa membuka kunci jawabannya. Lebih baik anda membuka buku pelajaran/ sumber dari buku lainnya yang berkaitan dengan soal yang sedang dikerjakan. Lama-kelamaan anda akan terbiasa dan otomatis rumus-rumus matematika akan anda ingat. Karena pada dasarnya rumus matematika bukan untuk dihafal, tapi untuk diterapkan.

Berikut cara belajar matematika selanjutnya…



3.  Banyak-banyak bermain game yang ada hubungannya dengan hitung-hitungan

Permainan seperti warcraft, stronghold crusader, age of empires, game RPG, Manajer Football, dll. Merupakan langkah jitu untuk menerapkan cara belajar matematika dengan permainan. Dengan game pelajaran matematika akan lebih menyenangkan karena siswa dapat bersenang-senang.

Berikut cara belajar matematika selanjutnya…

4. Sebisa mungkin akrab dengan guru matematika anda

Guru killer memang ditakuti banyak siswa, apalagi kalau sudah dikaitkan dengan mata pelajaran matematika. Dengan pelajarannya saja sudah terfikirkan perhitungan yang sulit, ditambah lagi dengan gurunya yang killer. Hal ini akan menambah daftar alasan anda tidak menyukai pelajaran matematika.

Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan, malah sebaliknya anda harus berusaha menyukai guru matematikanya terlebih dahulu, sehingga secara otomatis anda akan menyukai juga pelajarannya. Lain halnya jika guru yang mengajar matematika cantik atau ganteng mungkin anda akan betah berlama-lama di kelas.

Nah itu beberapa cara belajar matematika agar anda lebih suka dengan pelajaran  matematika, jika anda sudah suka dengan matematika anda bisa jadi lupa dengan waktu, nah kalo sudah sampai lupa waktu seperti itu rasanya tidak mungkin sekali nilai matematika anda buruk, anda bisa buktikan ini...


Apa anda sudah puas dengan cara belajar matematika di atas…?