Tips Belajar Efektif Jelang Ujian




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Para mahasiswa biasanya menerapkan sistem kebut semalam atau SKS dalam belajar menghadapi ujian. Cara ini tentu saja tidak efektif, dan tentunya akan berakibat nilai IPK tidak maksimal.


Ada beberapa tips untuk membantu kita belajar secara efektif, meskipun setiap orang memiliki cara tersendiri dalam belajar.

Tips Belajar Efektif : Pencahayaan yang tepat

Menurut statistik, sebesar 75% belajar akan efektif jika berada di ruangan cerah dan tenang tidak ada gangguan. Karena belajar dengan pencahayaan yang redup akan membuat mata anda tegang sehingga anda kurang konsentrasi.

Tips Belajar Efektif : Televisi

Jauhkan diri anda dari TV dan bentuk godaan hiburan apapun, karena hal itu dapat mengganggu konsentrasi belajar anda. Untuk itu jauhi TV saat anda sedang belajar.

Tips Belajar Efektif : Istirahat sejenak

Jika anda lelah ketika belajar, maka lakukanlah relaksasi atau istirahat sejenak. Cobalah istirahatkan tubuh dan pikiran anda agar lebih fresh lagi ketika belajar. Tapi ingat jangan terbuai terlalu lama, hingga anda lupa melanjutkan belajar anda.

Tips Belajar Efektif : Buatlah rencana

Seleksilah materi yang mudah terlebih dahulu baru kemudian materi yang sulit. Karena hal itu dapat mengefektifkan waktu yang berkualitas anda untuk pelajaran yang sulit. Untuk itu anda harus membuat rencana sebelum anda belajar.

Tips Belajar Efektif : Review

Lakukanlah review sebelum melanjutkan kehalaman selanjutnya. Dan tanyakan pada diri sendiri apakah anda sudah paham dengan apa yang baru saja anda pelajari di kelas. Review dilakukan saat anda selesai mempelajari satu halaman pada catatan anda.

Tips Belajar Efektif : Minta bantuan

Jangan pernah malu untuk bertanya jika anda menemukan soal yang sulit, cobalah meminta bantuan kepada teman, orangtua, kakak, maupun dosen. Tanyalah pada mereka yang lebih paham dengan materi yang sedang dipelajari.

Tips Belajar Efektif : Hari H

Jangan lupa jika anda akan melaksanakan ujian, bukalah dan bacalah sekilas catatan anda agar informasi pada otak dapat segar kembali.