Selasa, 21 Mei 2013

Belajar Pembelajaran


Belajar merupakan proses perubahan individu yang berlangsung sepanjang hayat. Belajar juga suatu proses perubahan tingkah laku yang berkesinambungan antara berbagai unsur dan berlangsung seumur hidup yang didorong oleh berbagai aspek seperti motivasi, emosional, sikap dan yang lainnya dan pada akhirnya menghasilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan.

Unsur utama dalam belajar adalah individu sebagai peserta belajar, kebutuhan sebagai sumber pendorong, situasi belajar, yang memberikan kemungkinan terjadinya kegiatan belajar

Proses belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dan biasanya dibimbing oleh guru. Belajar dapat dilakukan juga di rumah dan tidak harus ada PR, karena belajar dapat dilakukan di lingkungan sekitar.

Pembelajaran (instruction) merupakan akumulasi dari konsep mengajar (teaching) dan konsep belajar (learning). Kedua konsep diatas dapat dijadikan suatu sistem dan proses yang memiliki komponen siswa atau peserta didik, materi, dan tujuan dan juga fasilitas serta prosedur dan alat media yang digunakan.

Siswa akan belajar dari apa yang guru ajarkan baik yang disadari atau tidak. Selain itu mereka belajar dari buku, teman dan juga lingkungan di sekolah mereka. Dan tahukah?kadar perubahan sikap dan perilaku mereka akan dengan mudah dipelajari dan bisa diukur dengan teliti layaknya ilmu pengetahuan.

dan keterampilan, namun seperti sikap, emosi, perilaku sosial dan perilaku lainnya tidak bisa diukur dengan jelas.

Proses belajar dan pembelajaran bisa terjadi dimana saja, dan kapan saja tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan jarak. Dan keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena keduanya berada dalam satu kesatuan dunia pendidikan.


Bacaan Lainnya



0 komentar: