Tips Belajar Bahasa Inggris




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat berhasil dalam belajar bahasa Inggris. Berikut adalah tips-tips belajar bahasa Inggris yang dapat anda coba terapkan dalam proses belajar anda.


1. Tetapkan Tujuan

Sebelum anda belajar bahasa inggris, anda harus menentukan tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda lebih termotivasi untuk belajar bahasa inggris.

2. Bersiaplah untuk Bekerja Keras

Anda seharusnya meluangkan waktu untuk belajar bahasa inggris agar, bagaimanapun juga belajar bahasa inggris tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Intinya anda harus bersabar dalam proses belajar bahasa inggris.

3. Luangkan Waktu

Luangkanlah waktu anda untuk belajar bahasa inggris secara serius. Jangan sampai anda buang waktu anda untuk hal-hal yang tidak berguna.

4. Bertanyalah

Jika anda memang sedang kesulitan, jangan malu untuk bertanya kepada teman atau guru bahasa inggris anda di sekolah ataupun di tempat anda les.

5. Belajar Sendiri di Rumah

Ingat anda tidak seharusnya mengandalkan guru anda di kelas atau di tempat privat. Anda juga harus mau belajar sendiri dirumah, cobalah belajar bahasa inggris sendiri di rumah.

6. Nonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film asing yang berbahasa inggris, bukanlah hal yang buruk. Cobalah anda tonton film berbahasa inggris di tv atau kaset DVD. Anda bisa berlatih mendengar kata-kata asing, dan anda tidak harus paham pada setiap kata yang di ucapkan.

7. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris

Jika anda suka mendengarkan lagu, hal itu tidaklah buruk. Tapi cobalah anda dengarkan lagu berbahasa inggris agar kata-kata yang terdengar di telinga anda tidaklah asing dan anda juga tentunya akan senang mendengarkan lagu bahasa inggris yang asyik. Jika anda sudah suka dengan lagunya otomatis anda akan semakin ingin tahu arti dari lagu yang anda dengar.

8. Membaca

Jika anda suka membaca novel atau cerpen, apa salahnya jika anda coba membaca novel berbahasa inggris. Jika novel terlalu panjang cobalah dengan membaca cerpen berbahasa inggris terlebih dulu sambil menganalisa makna yang terkandung dalam cerpen tadi. Kelebihannya, anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis.

9. Gunakan Internet

Gunakanlah media elektronik untuk belajar bahasa inggris. Tak ada salahnya anda belajar bahasa inggris dengan menggunakan internet.

10. Baca Surat Kabar Berbahasa Inggris

Membaca surat kabar berbahasa inggris juga bukan hal yang salah, banyak materi menarik yang dibahas dalam surat kabar berbahasa inggris. Misalnya Jakarta Post.

11. Chat

Cobalah gunakan fasilitas imternet untuk online dengan teman anda dari luar negeri dengan bahasa inggris.

Itulah beberapa tips-tips belajar bahasa Inggris yang dapat anda coba terapkan dalam proses belajar anda. Dengan langkah belajar ini, diharapkan kemampuan bahasa inggris anda meningkat.