Delapan Prinsip Belajar




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Prinsip Belajar #1 : Prinsip Kesiapan
Bagaimanapun anda harus mempersiapkan diri sebelum belajar. Karena jika anda merasa siap belajar, maka anda akan mudah mempelajari sesuatu.


Prinsip Belajar #2 : Prinsip Penguatan

Jika kita sering menggunakan apa yang telah dipelajari itu merupakan sebuah penguatan, dalam artian semakin sering dilakukan akan semakin sempurna penampilan seseorang dalam melakukan sesuatu.

Prinsip Belajar #3 : Prinsip Nilai Kemanfaatan

Jika anda sudah merasakan nilai kemanfaatan dari apa yang telah anda pelajari. Maka semakin tinggi pula motivasi untuk mempelajari sesuatu lebih lanjut.

Prinsip Belajar #4 : Prinsip Belajar dengan Mengerjakan

Jika proses belajar mengajar maksimum dan melibatkan peserta didik, maka proses belajar akan efektif. Oleh karena itu cobalah lakukan belajar dan mengerjakan.

Prinsip Belajar #5 : Prinsip Urutan yang Tepat

Prinsip belajar yang paling efektif yaitu mendasarkan pada apa yang sudah dikuasai peserta didik kepada hal baru. Dan juga berasal dari hal sederhana ke hal yang lebih kompleks.

Prinsip Belajar #6 : Prinsip Keberhasilan

Keberhasilan peserta didik akan meningkatkan motivasi belajarnya. Untuk itu keberhasilan peserta didik harus diupayakan agar peserta didik termotivasi agar belajar terus.

Prinsip Belajar #7 : Prinsip Keyakinan

Keberhasilan akan mendatangkan keyakinan dan rasa percaya diri, karena keyakinan dengan kemampuan diri sendiri akan mampu meningkatkan kecepatan dan ketelitian dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Prinsip Belajar #8 : Prinsip Tantangan
Kegiatan belajar yang tidak monoton dan penuh tantangan akan membuat peserta didik berminat untuk belajar. Peserta didik tidak akan bosan dan lesu ketika belajar. Di samping mampu memecahkan masalah dengan tingkat yang bervariasi.