5 Cara Belajar Efektif Efisien




Blog utama: Kiat Belajar Sukses
Siswa seringkali merasa kesulitan ketika proses belajar efektif dan efisien. Lalu bagaimana cara agar belajar siswa efektif?


Berikut ini ada beberapa tips berharga untuk mempersiapkan diri anda belajar efektif dan efisien:

1. Belajar secara berkelompok, metode ini efektif karena anda akan lebih santai dan rileks menerima ilmu atau pelajaran. Selain itu anda juga bisa memecahkan soal yang rumit bersama teman-teman anda.

2. Buatlah ringkasan atau rangkuman dari setiap pelajaran yang anda dapatkan di sekolah atau tempat lain.

3. Disiplinlah, karena jika anda didisplin maka pelajaran yang anda dapatkan akan efektif dan efisien. Disiplin dalam belajar memang penting untuk diterapkan.

4. Jika anda belum jelas, maka bertanyalah. Tanyakan pada guru, teman, atau orang tua. Dan bertanyalah secukupnya, jangan menguji orang lain.

5. Kembangkanlah materi yang sudah dipelajari dengan membuat beberapa pertanyaan yang belum pernah ditanyakan. Minta tolong pada guru atau teman untuk menjawabnya. Anda juga bisa mencari jawabannya pada buku referensi atau internet. Untuk itu berpikirlah kedepan.

Dan hal penting lainnya adalah jangan lupa beristirahat sejenak. Cobalah ciptakan suasana belajar yang kondusif agar anda sukses belajar seperti orang-orang sukses.